SELAMAT DATANG DI BLOG PRAMUKA SMA NEGERI 4 PURWOKERTO AMBALAN GAJAH MADA-CUT NYAK DHIEN. SELAMAT MENIKMATI...

Perkemahan Dapat Membangun Persaudaraan???

Oleh: PANGKALAN SMA NEGERI 4 PURWOKERTO AMBALAN GAJAH MADA - CUT NYA DIEN di 03.12

Salam Pramuka,,,

Hai, kakak-kakak dan adik-adik,,
Kalian pasti bingung bagaimana bisa perkemahan dapat membangun persaudaraan.
Kakak-kakak dan adik-adik sekalian pasti tahu bahwa manusia tidak dapat hidup sendiri. Dan sudah menjadi kodrat manusia untuk hidup besama dan saling tolong menolong. Begitu pula di dalam perkemahan, didalam perkemahan kita di didik untuk hidup mandiri, tetapi di dalam perkemahan kita bukan hanya dididik untuk hidup mandiri, tetapi juga untuk saling tolong menolong dan hidup bersama.

Di dalam perkemahan, kita akan bertemu teman-teman baru yang sebelumnya belum kita kenal dan lewat perkemahan kita akan lebih mengenal teman baru kita. Di dalam perkemahan, kita diharuskan dapat bekerja sama dengan teman-teman kita, saling tolong menolong, bergotong royong, memiliki rasa kepedulian yang tinggi dengan yang lainnya, dan berjiwa korsa. Apakah kalian tahu apa arti jiwa korsa? Jiwa korsa adalah rasa kebersamaan. Misalnya, ada teman kita yang tidak makan karena tidak membawa makanan. Seharusnya kita berbagi makanan milik kita kepada teman kita yang tidak membawa makanan, Karena jika ada satu yang makan maka yang lain harus makan, Jika ada yang tertinggal saat melaksanakan wildgame maka teman-teman yang lainnya harus menunggu hingga yang tertinggal datang menyusul. Nah, itulah beberapa contoh dari berjiwa korsa.

Di dalam perkemahan kita juda harus saling tolong-menolong. apa bila ada yang kesusahan maka kita harus membantunya. Dan dari tolong menolong tersebut akan timbul rasa persaudaraan. karena saudara harus saling tolong_menolong. Tidak mungkin kita akan meninggalkan saudara kita yang sedang kesusahan, bukan??

Di dalam perkemahan kita harus saling bekerjasama, apabila kita tidak memiliki kerjasama yang baik maka semua yang kita lakukan tidak akan berjalan dengan baik. Misalkan saja kita melaksanakan suatu kegiatan harus memiliki rasa tanggung jawa yang tinggi dan kekompakan, jika tidak ada kekompakan maka kegiatan tersebut tidak akan berjalan dengan mulus.

Di dalam perkemahan kita juga harus bergotong-royang, karena jika dalam pelaksanaan kegiatan terjadi hal yang tidak diinginkan seperti pohon yang tumbang, maka kita harus saling bergotong-royong untuk memindahkan pohon tersebut. Karena jika hanya satu atau dua orang yang memindahkan pohon tersebut. maka pohon tersebut tidak akan berpindah dari tempat tersebut. Misalnya saja saat membangun tenda, tidak mungkin hanya satu orang saja yang membangun tenda tersebu, sedangkan yang lain hanya duduk diam dan melihat. Seharusnya kita mendirikan tenda secara berergotong-royong. Dan dengan bergotong royong maka akan timbul rasa kebersamaan. Bukankah dalam persudaraan juga ada rasa kebersamaan??

Banyak hal yang dapat membangun rasa persaudaraan, seperit tolong-menolong, jiwa korsa, gotong royong, kerjasama. Mungkin tanpa kalian sadari saat kalian telah sampai kerumah setelah melaksanakan kemah, mungkin kalian akan merasakan sepi.
Meski merasa capek karna kita telah melaksanakan kemah, tetapi rasa capek itu akan hilang karena rasa kebersamaan kita. Di Dalam perkemahan akan kita merasakan senang..
Nah. oleh sebab itu perkemahan dapat membangun persaudaraane, karena dalam perkemahan selalu saling tolong menolong, selalu bersama, selalu bekerjasama, berjiwa korsa dan masih banyak lagi hal-hal yang dapat mmembangun persaudaraan.



Artikel Terkait:

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g:
:h: :i: :j: :k: :l:

Poskan Komentar

Translator

YM

Label

Postingan Terakhir

Komentar Terakhir

Statistik Blog

free counters



ShoutMix chat widget
Diberdayakan oleh Blogger.