SELAMAT DATANG DI BLOG PRAMUKA SMA NEGERI 4 PURWOKERTO AMBALAN GAJAH MADA-CUT NYAK DHIEN. SELAMAT MENIKMATI...

Pramuka Sebagai Perekat Bangsa Dalam Bingkai Persaudaraan

Oleh: PANGKALAN SMA NEGERI 4 PURWOKERTO AMBALAN GAJAH MADA - CUT NYA DIEN di 06.19

Pramuka Sebagai Perekat Bangsa Dalam Bingkai Persaudaraan

Terkait pembangunan karakter, sejumlah hal yang harus diperhatikan, dikembangkan dan diolah. Pramuka membangun akhak anak bangsa yang baik, berbudi pekerti, berpikir positif, tangguh, percaya diri tetapi tidak takabur, disiplin, inovatif dan rukun serta memiliki kesetiakawanan. Betapa pentingnya gerakan pramuka, apalagi di era globalisasi seperti sekarang ini. Ada tiga pilar utama menuju bangsa yang maju yang berkaitan langsung dengan gerakan pramuka adalah membangun pradaban yang mulia. Salah satu hal yang penting dalam membangun pradaban bangsa yang mulia adalah membangun karakter. Pembangunan karaketr itu bisa dilakukan didalam gerakan pramuka dengan berjenis latihan dan keterampilan yang dimiliki.

Sebagai organisasi sosial gerakan pramuka menitik beratkan pada pembinaan mental dan disiplin yang tinggi kepada para anggotanya. Pramuka terbukti mampu melahirkan generasi-generasi muda atau tunas-tunas bangsa yang tangguh dan bertanggung jawab. Olih karenanya gerakan pramuka harus terus ditumbuhkan dan dikembangkan dikalangan anak dan kaum muda. Gerakan pramuka adalah mendidik anak dan kaum muda agar berwatak dan berkepribadian luhur serta memiliki jiwa bela negara yang andal. Pendidikan pramuka berperan sebagai komplemen dan suplemen terhadap pendidikan formal. Untuk mencapai maksud tesebut dilaksanakan kegiatan kepramukaan melalui proses pendidikan yang menyenangkan dengan menggunakan prinsip dasar dan metode kepramukaan.

Gerakan pramuka sangat baik dalam pembentukan ''human character building'' (pembentukan karakter manusia) yang terbukti mampu menciptakan insan yang mandiri dan bertanggung jawab. Untuk mewujudkan semuanya itu agar tiap-tiap jenjang pendidikan memasukkan pendidikan gerakan pramuka diantaranya bisa dimasukkan dalam pendidikan pengembangan diri, ekstrakurikuler atau yang sejenisnya. Dikatakan juga gerakan pramuka mencakup seluruh aspek kehidupan berbangsa dan bernegara yang tertuang dalam Dasar Dharma Pramuka.

sumber



Artikel Terkait:

2 komentar:

Unknown mengatakan... [Reply to comment]

Salam Pramuka, Dear my Ambalan... I got a lot of sweet memories I wish Ambalan Gajah Mada and Cut Nyak Dhien will be shining brighter, My regards for you all.. I love you all

Unknown mengatakan... [Reply to comment]

Again, I wish I could meet all of you, especially all my best besties 2006-2009 GM CN JAYA

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g:
:h: :i: :j: :k: :l:

Posting Komentar

Translator

YM

Label

Postingan Terakhir

Komentar Terakhir

Statistik Blog

free counters



ShoutMix chat widget
Diberdayakan oleh Blogger.